About

Pangkep Undercover adalah sebuah media daring yang bertujuan untuk mengisi kekosongan informasi yang relevan dan berkualitas, memberikan edukasi kepada publik, serta membagikan berbagai cerita inspiratif dari masyarakat Pangkep. Melalui platform ini, kami ingin mengedukasi masyarakat mengenai berbagai isu penting, baik yang bersifat lokal, nasional, maupun global, dengan cara yang mudah dipahami dan menarik. Selain itu, Pangkep Undercover akan menjadi wadah bagi siapa saja untuk berbagi pengetahuan, ide, serta gagasan yang bermanfaat.

Hal Ini tentu seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, penggunaan internet dan media sosial semakin meningkat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Data pengguna internet dan media sosial di Indonesia serta di wilayah Sulawesi Selatan dan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) memberikan gambaran yang penting tentang potensi pasar digital, terutama bagi platform media daring seperti Pangkep Undercover. Berikut adalah beberapa data terbaru mengenai pengguna internet dan media sosial di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan dan Kabupaten Pangkep.

Pengguna Internet di Indonesia

Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite (2024), berikut adalah beberapa data penting terkait pengguna internet di Indonesia: penduduk Indonesia: 275 juta orang (perkiraan berdasarkan data BPS), pengguna internet: Sekitar 204 juta orang (74% dari total populasi), penetrasi internet: 74,1% dari total populasi Indonesia dan pertumbuhan pengguna internet: Pengguna internet Indonesia tumbuh sekitar 4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Demografi Pengguna Internet meliputi usia pengguna internet: Sebagian besar pengguna internet Indonesia berusia antara 16 hingga 34 tahun, dengan proporsi terbesar di kelompok usia 18-24 tahun dan 25-34 tahun dan jenis kelamin pengguna: Komposisi pengguna internet Indonesia hampir merata, dengan sedikit perbedaan antara pria dan wanita.

Akses Internet: Akses melalui perangkat mobile (smartphone): Lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile dan Koneksi 4G: Sekitar 70% pengguna internet di Indonesia menggunakan koneksi 4G untuk mengakses internet.

Media Sosial di Indonesia: Pengguna Media Sosial: Sekitar 190 juta orang (70% dari total populasi Indonesia) menggunakan media social, Platform Terpopuler: WhatsApp: 86% pengguna internet menggunakan WhatsApp, Facebook: 82% pengguna internet menggunakan Facebook, Instagram: 78% pengguna internet menggunakan Instagram, YouTube: 82% pengguna internet menggunakan YouTube dan TikTok: 40% pengguna internet menggunakan TikTok, dengan pertumbuhan yang sangat pesat dan Penggunaan Media Sosial: Pengguna Indonesia sangat aktif di media sosial, menghabiskan rata-rata 3-4 jam per hari di platform media sosial.

Data Pengguna Internet di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan, sebagai salah satu provinsi di Indonesia, juga mengalami pertumbuhan signifikan dalam penggunaan internet. Berikut adalah beberapa data penting. Adapun Jumlah Pengguna Internet di Sulawesi Selatan (2024) diperkirakan sekitar 12 juta orang dari total penduduk sekitar 9 juta orang di Sulawesi Selatan yang mengakses internet, atau sekitar 60-65% dari total populasi dengan Pertumbuhan Pengguna Internet seiring dengan meningkatnya akses ke jaringan 4G dan penetrasi ponsel pintar yang lebih luas, pertumbuhan pengguna internet di Sulawesi Selatan diperkirakan meningkat 5-6% setiap tahunnya dan Perangkat Akses Internet mayoritas pengguna internet di Sulawesi Selatan menggunakan perangkat mobile (smartphone) untuk mengakses internet, dengan rata-rata penggunaan hampir 90%.

Sedangkan Penggunaan Media Sosial Facebook dan Instagram tetap menjadi dua platform media sosial yang paling banyak digunakan, dengan WhatsApp sebagai aplikasi komunikasi yang dominan di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan dan TikTok mengalami pertumbuhan yang pesat di kalangan pemuda dan remaja di Sulawesi Selatan, terutama di kota-kota besar seperti Makassar mengingat Makassar (Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan) yakni Sebagai pusat perekonomian dan sosial, kota Makassar memiliki tingkat penetrasi internet yang sangat tinggi, hampir 80% dari penduduk kota ini aktif menggunakan internet dan media sosial.



Data Pengguna Internet di Kabupaten Pangkep

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) merupakan kabupaten yang terletak di wilayah pesisir selatan Sulawesi Selatan. Walaupun secara umum tingkat penetrasi internet di daerah ini mungkin sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar seperti Makassar, namun dengan perkembangan teknologi dan semakin mudahnya akses internet, penggunaan internet di Pangkep terus meningkat.

Jumlah Pengguna Internet di Pangkep: Diperkirakan sekitar 55-60% dari total penduduk Kabupaten Pangkep (sekitar 500 ribu jiwa) sudah memiliki akses ke internet, yang berarti ada sekitar 275.000 hingga 300.000 pengguna internet di daerah ini Perkembangan Infrastruktur:

Pangkep, bersama dengan daerah sekitarnya, semakin mendapatkan akses lebih baik terhadap jaringan 4G, meskipun sebagian daerah masih mengandalkan jaringan 3G. Pangkep memiliki perkembangan infrastruktur internet yang terus meningkat, berkat upaya pemerintah daerah dan penyedia layanan telekomunikasi untuk memperluas jaringan internet. Pengguna Internet di Pangkep Berdasarkan Usia: Sebagian besar pengguna internet di Pangkep berasal dari kalangan remaja dan pemuda berusia 15-34 tahun dan Pelajar dan mahasiswa menjadi segmen pengguna yang cukup besar karena mereka banyak mengakses internet untuk tujuan pendidikan dan hiburan.

Sedangkan Penggunaan Media Sosial di Pangkep: WhatsApp menjadi aplikasi paling banyak digunakan, dengan hampir semua pengguna internet di Pangkep memanfaatkan aplikasi ini untuk komunikasi sehari-hari, Facebook dan Instagram juga cukup populer, terutama di kalangan pengguna yang berusia lebih tua, seperti orang tua atau pengusaha kecil, YouTube digunakan oleh berbagai kalangan di Pangkep, baik untuk hiburan maupun untuk tujuan pembelajaran dan TikTok mulai menarik perhatian kalangan pemuda, meskipun penetrasi TikTok di Pangkep masih lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar.

Melihat tren ini, Pangkep Undercover memiliki peluang besar untuk menarik audiens yang signifikan di Pangkep, Sulawesi Selatan, dan Indonesia secara umum. Mengingat tingginya tingkat penggunaan internet dan media sosial, platform seperti Pangkep Undercover yang menyediakan informasi, edukasi, dan inspirasi dapat dengan mudah menjangkau masyarakat luas, dari kalangan pelajar hingga orang dewasa.

Dengan lebih dari 200 juta pengguna internet di Indonesia, termasuk hampir 12 juta pengguna di Sulawesi Selatan dan sekitar 300.000 pengguna internet di Pangkep, platform media daring ini dapat memanfaatkan potensi pasar yang besar melalui:

·         Konten lokal yang relevan bagi masyarakat Pangkep.

·         Program edukasi digital yang menargetkan pemuda, pelajar, UMKM, dan penyandang disabilitas.

·         Pemasaran berbasis media sosial yang menjangkau lebih banyak pengguna di Pangkep, Makassar, dan daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

Dengan strategi yang tepat, Pangkep Undercover dapat menjadi platform yang tidak hanya memberikan informasi yang berguna tetapi juga mengedukasi dan memberdayakan masyarakat Pangkep dan sekitarnya dalam berbagai aspek kehidupan.


Adapun visi-misi dari media daring ini adalah sebagai berikut :

 

§  Visi

Menjadi media daring yang terpercaya, informatif, edukatif, dan inspiratif, yang menghubungkan masyarakat Pangkep dengan informasi yang bermanfaat, serta memberdayakan mereka untuk berkembang bersama dalam kemajuan sosial, ekonomi, politik dan budaya.

§  Misi

1.     Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya: Menyediakan berita terkini yang berbasis fakta dengan pendekatan yang jujur dan objektif.

2.    Mengedukasi Masyarakat: Menyajikan konten-konten edukatif yang dapat membantu pembaca memahami isu-isu penting di berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, politik, hukum, kesehatan, lingkungan, kebijakan publik dan perkembangan teknologi.

3.    Memberikan Inspirasi bagi Semua Kalangan: Menyediakan cerita-cerita inspiratif dari masyarakat Pangkep, yang dapat memotivasi pembaca untuk berkontribusi lebih baik bagi lingkungan sekitar mereka.

4.    Meningkatkan Akses Informasi: Menyediakan informasi yang mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, dari kalangan pelajar, mahasiswa, profesional, hingga masyarakat umum.

5.    Memfasilitasi Pelatihan Pengembangan Skills dan Pengetahuan : Menfasilitasi pelatihan secara daring untuk peningkatan skills khususnya kelompok pemuda millennial, Gen-Z dan pengelola UMKM Pangkep.